Tuesday, January 2, 2018

Sejarah Bahasa Pemrograman C++



Bahasa C++ sendiri diciptakan oleh Bjarne Stroustrup yang merupakan seorang ilmuwan komputer dan profesor di bidang ilmu komputer di Texas A&M University. pada tahun 1980 di AT&T Bell Laboratoriesberdasarkan C ANSI(American National Strandard Institute),sebelumnya bahasa C++ muncul sebagai C,dimana bahasa C sendiri merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards tahun 1967. Yang kemudian bahasa tersebut memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa B tahun70an.
Selanjutnya dari bahasa B berkembang menjadi Bahasa C oleh Dennis Ricthie tahun 70 an di Bell Telephone Laboratories Inc. Pertamakali digunakan Bahasa C pada system operasi UNIX. ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C. Bahasa C/C++ sifatnya portable, karena compilernya tersedia hampir pada semua arsitektur computer maupun system operasi,Bahasa C/C++ merupakan bahasa yang sangat ketat dalam pemakaian type data maupun penulisannya yang case sensitif, hal ini berarti programmer di tuntut kedisiplinannya dalam penulisan program.
Fasilitas yang tersedia dalam C/C++ yang tidak ditemukan pada
bahasa pemrogaman lainnya adalah pointer, dengan pemanfaatan pointer
programmer dapat melakukan manipulasi memori secara langsung.
Kemudian pada tahun 2005,C ++ merilis laporan teknis (dijuluki TR1), mereka berencana untuk menambah C ++ standar terbaru. Standar baru tersebut dijuluki C ++ 0x seperti yang diharapkan akan dirilis sebelum akhir dekade pertama. Namun  standar baru tidak akan dirilis sampai pertengahan 2011. Beberapa laporan teknis yang dirilis hingga saat itu, dan beberapa kompiler mulai menambahkan dukungan eksperimental untuk fitur-fitur baru.


EmoticonEmoticon