Sunday, January 21, 2018

HUBUNGAN INTERNASIONAL



HUBUNGAN INTERNASIONAL
Hubungan Internasional adalah sebuah kegiatan interaksi yang dilakukan oleh manusia antar bangsa baik secara individu maupun kelompok. Hubungan tersebut dapat berupa hubungan antar Negara, antar kelompok maupun individu. Hubungan internasiaonal ini juga dapat berupa persahabatan, permusuhan, persengakatan, peperanagan, dan lain-lain.
Hubungan internasional ini dapat berupa interaksi ekonomi, social, budaya, politik, pendidikan maupun hukm dan HAM. Hubungan internasional sangat penting untuk meningkatkan persahabatan dan kerjasama bilateral, regional dan multilateral.
Wujud hubungan internasional itu sendiri ada tiga yaitu individual, kelompok dan hubungan antar Negara. Berikut ini penjelas tentang hubungan tersebut :
1.        Individual
Hubungan interasional yang individual misalnya turis asing yang datang ke suatu Negara baik untuk bekerja, belajar, aktivitas ekonomi dan lain-lain. Selain itu juga ada mahasiswa yang kuliah di Negara lain. Adapula pedagang yang menjajakan barang dagangannya di luar negeri untuk memperluas pasar dan memperbesar keuntungannya.
2.        Kelompok
Hubungan internasional yang dilakukan kelompok misalnya lemabaga-lembaga yang melakukan kerja sama seperti dalam bidang ekonomi, social, agama, kebudayaan teknologi, militer, teknologi dan masih banyak lagi.
3.        Antar Negara
Hubungan internasional antar Negara misalnya kerja sama dalam berbagai bidang yang bersifat regioanal, bilateral, dan juga multilateral.
          Setelah wujud hubungan internasioanl dipaparkan, Kita akan bertanya-tanya untuk apa kita melakukan hubungan internasioanal. Tuntutan untuk saliang memenuhi kebutuhan masing-masing Negara membuat Negara satu dengan Negara lain saling membutuhkan. Kemudian dari itulah manusia saling mengadakan aktivitas kerjasama dan hubungan satu sama lain. Pentingnya melakukan hubungan internasional adalah sebagai berikut :

1.    Membangun solidaritas antar Negara. 
2.     Saling membantu Negara satu dan Negara lain yang saling membutuhkan. 
3. Ikut serta dalam melaksanakan ketertiban Negara berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social.
4.    Mencegah serta mengatasi konflik, perselisihan, ataupun persengketaan yang terjadi antar Negara yang terlibat. 
5.     Menjaga hidup yang damai dan tentram.
Sekian postingan Saya tentang HUBUNGAN INTERNASIONAL mohon maaf bila ada kesalahan kata, WASALAM..



EmoticonEmoticon